Fakta dan Manfaat Lendir Siput Untuk Kulit

Tahukah kamu bahwa lendir siput memiliki banyak manfaat? Apakah lendir siput halal jika digunakan untuk perawatan kulit? Simak fakta seputar lendir siput beserta manfaatnya berikut ini.

Lendir siput atau snail slime sudah dimanfaatkan untuk perawatan kulit oleh bangsa Yunani kuno sebagai penawar inflamasi kulit. Caranya dengan mencampurkan siput yang dihancurkan dengan sour milk. Selain itu, petani di Chili meyakini bahwa tangannya menjadi lembut karena sering menyentuh lendir siput. Produk kecantikan seperti krim dan lotion, mulai menggunakan lendir siput sebagai komposisinya ketika memasuki pasar Prancis.

Saat ini, produk kecantikan yang mengandung lendir siput semakin marak di pasaran. Mulai dari pelembap, masker, krim wajah hingga serum. Kosmetik yang mengandung lendir siput ini menjadi tren kecantikan yang kini merambah ke Indonesia. Untuk kamu pecinta Korean Beauty atau K-beauty pasti sudah mendengar bahkan merasakan manfaat produk kecantikan yang terbuat dari lendir siput ini.

Kandungan air pada lendir siput terdeteksi sebesar 91-98%, untuk itu produk kecantikan yang mengandung lendir siput diperuntukkan menjaga kelembapan dan menahan kadar air dalam kulit. Lendir siput mengandung protein yang membantu meregenerasi sel kulit dan antioksidan yang menangkal radikal bebas. Selain itu, lendir siput juga mengandung asam hyaluronic yang mengenyalkan kulit wajah.

Kamu tidak perlu ragu apakah lendir siput halal digunakan sebagai produk kecantikan. Majelis Ulama Indonesia sudah menetapkan fatwa bahwa siput atau bekicot haram untuk dikonsumsi secara umum, namun pemanfaatannya untuk penggunaan di luar tubuh diperbolehkan.

Berikut adalah manfaat lendir siput untuk kulit yang bisa kamu dapatkan.

1. Mencegah Penuaan Dini

Kamu dapat memanfaatkan lendir siput untuk mengatasi masalah penuaan dini akibat paparan asap dan debu, karena antioksidan dan asam hyaluronic mampu meremajakan kulit.

2. Meningkatkan Produksi Kolagen

Lendir siput mengandung enzim yang dapat merangsang pembentukan kolagen untuk menjaga elastisitas kulit dan membuat kulit lebih cerah dan kencang.

3. Menguatkan Batang Rambut

Ratakan lendir siput pada rambut hingga ke akarnya untuk menyuburkan dan menguatkan batang rambut guna mencegah kerontokan rambut.

4. Mengurangi Kadar Minyak

Lendir siput dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah dan menjaga kulit dari iritasi akibat paparan sinar ultraviolet. Selain itu, lendir siput juga membantu mengecilkan pori-pori dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan kulit.

Temukan ragam produk kecantikan untuk mendukung penampilanmu hanya di HIJUP.